Minggu, 21 Mei 2017

Ini Dia Ciri Ciri Orang Yang Akan Selamanya Jadi Karyawan, Semoga Kamu Gak Termasuk Ya!

Sebenarnya apapun profesi kita saat ini bukanlah suatu soalan

Namun yang menjadi masalah adalah jika profesi yang kita jalani saat ini" tidak memberikan gaji yang cukup" sehingga jangankan untuk menabung dan membeli rumah, bahkan untuk mencukupi kehidupan sehari hari sangatlah sulit

Belum lagi kebutuhan pokok yang setiap saat semakin mahal namun tidak di iringi dengan kenaikan gaji yang segnificant

Sehingga mungkin pernah terbesit di benak sobat untuk mencari penghasilan tambahan atupun membuka usaha sampingan

Tapi entah kenapa keinginan itu cuma hanya tinggal keinginan saja yang gak kunjung sobat wujudkan karena memiliki sejuta pertimbangan

Wah hati hati sob !!

Mungkin kalian memiliki ciri ciri orang yang akan jadi karyawan seumur hidupnya Seperti di bawah ini

Ciri Ciri Orang Yang Selamanya Jadi Karyawan


1. Selalu Menunggu Waktu Yang Tepat


Padahal percayalah, bahwa tidak ada waktu yang bener bener tepat untuk kita memulai sesuatu, apalagi jika menunggu kita benar benar ahli di salah satu bidang

Karena waktu yang tepat itu hanya akan dengan tiba tiba sering dengan apa yang sudah kita lakukan dan kita perisapakan

Begitu juga dalah hal bisnis, kita tidak harus menunggu diri kita benar benar ahli terlebih dahulu baru kemudian terjun berbisnis, karena jika demikian sampai kapan kita baru bisa memulainya?

Setahun? 2 tahun? jika alasan ini yang selalu kita tanamkan selamanya kita tidak akan pernah siap, karena keahlian itu tidak datang dengan sendiri dan hanya bisa di pelajari dengan terjun secara langsung

Dari sanalah kita bisa belajar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi

Buat kita yang masih muda, usia muda juga bukanlah alasan bahwa kita masih belum tepat memiliki bisnis sendiri, karena terbukti sekarang sudah banyak milyarder milyarder mudah yang menginspirasi seperti Yasa Singgih pemilik brand Men's Republik

Ataupun buat anda yang merasa sudah tua, juga bukanlah alasan sudah terlambat untuk memulai usaha karena Ray Kroc sang pemilik McDonald's juga baru bisa meraih kesuksesan di umurnya yang ke 52 setelah melalui berbagai macam kegagalan berbisnis

2. Takut Gagal


Takut gagal adalah ciri yang kedua bahwa sobat adalah calon menjadi karyawan selamanya

Kenapa?

Karena tidak ada keberhasilan yang di raih tanpa kegagalan, karena sejatinya kegagalan kegagalan itulah guru kita sebenarnya, dan dari kegagalan itulah kita bisa belajar memperbaiki kekurangan kekurangan kita

Jika kita takut gagal, itu artinya kita takut untuk berhasil dan meraih kehidupan yang lebih baik nantinya

Contohnya seperti sang penemu lampu Thomas Alfa Edison yang konon katanya belium mengalami 99 kali kegagalan sebelum akhirnya bisa berhasil menemukan lampu di percobaannya yang ke 100

Coba banyangkan jika belum apa2 dia takun gagal dan gak berani mencoba? maka mungkin selamanya dia tidak akan pernah bisa menjadi ilmuan dan penemu lampu

3. Mudah Menyerah


Hampir mirip dengan sifat takut gagal, sifat mudah menyerah juga menunjukan bahwa anda bukanlah calon pengusaha sukses

Karena tidak ada suatu kesuksesan itu yang bisa di raih dengan mudah, butuh proses, kesabaran, ketekunan, dan dedikasi yang tinggi sebelum kita meraih kesuksesan dalam hal apapaun itu

Apalagi dalam memulai bisnis

Untuk itu jika sahabat merasa memiliki sifat ini, segera buang jauh jauh, agar tidak menjadi parasit dalam diri sobat yang tentunya sangat tidak baik

4. Terlalau Banyak Berfikir Tapi Tidak Ada Tindakan


Saya setuju, kita tidak boleh sembarangan dalam bertindak, tapi bukan berarti juga kita terlalu lama berfikir tentang hal hal yang akan terjadi nantinya yang tidak akan pernah tahu kalau kita tidak mencobanya

Terlalu banyak berfikir akan resko yang kita hadapai, berapa modal yang di perlukan, potensi dari bisnis tersebut hanya akan membuat kita semakin enggan untuk memulainya

Dan lama ke lamaan barulah kita tersadar bahawa kita sudah banyak kehilangan waktu di saat teman teman kita sudah meraih kesuksesannya

5. Merasa Nyaman Sebagai Seorang Karyawan


Sobat merasa lebih enak jadi seorang karyawan tanpa resiko dan setiap bulan pasti nerima gaji, meskipun sedikit yang penting cukup buat keperluan sehari hari

Dari pada harus berbisnis yang belum terjamin berhasil atau tidaknya, belum lagi resiko kerugian dan lain sebagainya

Jika sobat sudah merasa demikian, itu tandanya sobat sudah merasa nyaman dengan keadaan yang saat ini, sehingga sulit untuk keluar dari zona tersebut

Padahal kalau kita fikir lebih jernih lagi, sampai kapan kita mau jadi karyawan? ia kalau enggak PHK ataupun sudah tiba waktu pensiun?

Tidak mencoba berbisnis adalah kesalahan yang sangat fatal, karena jika tidak pernah kita coba selamnya kita tidak akan pernah tahu bisa berhasil atau tidaknya

6. Bergaul Dengan Orang Yang TIdak Tepat


Seperti kata hadist nabi

"Jika kamu ingin wangi maka bergaullah denga tukang  minyak wangi", begitu juga jika kita ingin jadi pengusaha maka bergaullah dengan para pengusaha

Jangan bergaul dengan orang orang yang selalu berfikir negatif dan selalu pesimis sehingga selalu membisikkan kepada kamu bahwa memulai bisnis itu besar resikonya jadi buat apa

Sehingga secara tidak sadar kamupun mulai terpengaruh akan perkataan perkataan mereka, padahal mereka berrkata begitu karena merekat tidak berani mencoba dan terkekang dengan pola fikir mereka

7. Selalu Berfikir Modal Adalah Segala Galanya


Ya saya setuju modal merupakan salah satu faktor yang menunjang untuk memiliki suatu usaha, tapi saya tidak setuju jika di katakan modal adalah segala galanya untuk sukses berbisnis

Karena terbukti banyak orang yang memiliki modal melimpah tetapi nyatanya dia gagal dalam mengembangkan bisninya menjadi besar

Dan banyak di antar mereka yang tidak memiliki modal justru bisa berhasil berkat kepercayaan dan dedikasinya dalam mengembangkan usaha

Dan masih banyak juga koq bisnis yang bisa kita lakukan dengan modal yang sangat kecil atau bahkan nyaris tanpa modal

Apalgi di era digital marketing ini yang semua sekarang sudah serba online, kitapun sudah bisa mulai melirik bisnis online yang terbukti banyak melahirkan jutawan dan milyarder baru

Demikianlah ciri ciri orang yang akan selamanya jadi karyawan semoga kita tidak termasuk di antanya ya
Read More

Menjadi Blogger : Bisnis Sampingan Yang Sangat Cocok Buat Para Karyawan

Memiliki bisnis sampingan bisa di bilang hal yang wajib hukumnya buat kita para karyawan, bagaimana tidak ! setiap hari harga kebutuhan pokok semakin tinggi, sedangkan kenaikkan gaji setiap tahun sangat sangatlah kecil

Jadi, kalau kita para karyawan hanya mengandalkan gaji kita sebagai karyawan saja untuk bertahan hidup, kebayangkan bagaimana rasanya?

Kita harus benar benar pintar mengatur keuangan agar bisa mencukupi seluruh kebutuhan hidup kita selama 1 bulan penuh sampai menunggu gajihan kembali

Tapi untuk memiliki bisnis sampingan bagi karyawan juga bukanlah perkara mudah, karena keterbatasan waktu, tenaga yang sudah habis tekuras untuk bekerja sebagai seorang karyawan, sehingga tidak punya waktu lagi untuk mencari tambahan penghasilan di rumah

Inilah yang selama ini menjadi di lema kita para karyawan

Namun sahabat jangan bekecil hati, karena pada kesempatan kali ini saya ada kabar gembira buat sahabat karyawan semua

Bahawa sekarang ada bisnis yang benar benar flexibel, bisa di kerjakan di mana saja tanpa mengganggu pekerjaan utama kita

AH, masa sih !!

Menjadi Blogger : Bisnis Sampingan Yang Sangat Cocok Buat Para Karyawan

Ia benar, saat ini sudah banyak koq para karyawan yang meskipun waktunya habis di kantor, namun dia tetap bisa memiliki sebuah bisnis sampingan yang potensial

Dia adalah menjadi seorang "BLogger"


Lho emang menjadi blogger bisa menghasilkan uang ya mas? emang dari mana uangnya? and konsep bisnisnya seperti apa?

Tenang aja, kita akan bahas secara tuntas mengenai semua pertanyaan sobat di sini ya, so baca terus sampai habis artikel ini

Kenapa Blogger?


Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas, saya merkomendasikan blogger sebagai bisnis sampingan buat para karyawan, karena menjadi blogger itu tidak mengganggu kegiatan utama kita dan bisa di kerjakan di mana saja asalkan ada koneksi internet

Sehingga tidak ada lagi alasan tidak punya waktu yang menyebabkan kita para karyawan tidak punya bisnis sampingan

Emang BLogger itu Apaan sih ?


Bahasa gampangnya blogger itu adalah seseorang yang mengelola sebuah atau banyak blog baik untuk kepentingan bisnis maupun hanya untuk sekedar iseng iseng belaka 

Yang mana setiap blog yang di kelolanya itu biasanya memiliki berbagai macam topik tergantung dari minat dan keahlian dari sang pemilik blog

Misalnya tentang bisnis, pernikahan, musik, memasak dan lain sebagainya, contohnya seperti yang sedang sobat baca ini merupakan blog pribadi milik saya

Lebih jelas silahkan sobat baca : Pengertian Blog

Oh jadi blogger itu orang yang suka bikin artikel di blogya?

Iya, blogger itu orang yang suka berbagi artikel melalui blognya, baik itu berupa berita, tutorial, cerita, curahatan , dan lain sebagainya tergantung dari bloggernya

Tapi Dari Mana Blogger BIsa Dapet Duit?


Banyak sob caranya

Yang terpenting blog kita sudah memiliki cukup banyak pengunjung yang rutin setiap harinya maka banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa dapat duit dari blog yang kita kelola

Misalnya dengan cara ikut program google adsense, masang iklan mandiri di blog, ikut kontes blog, atau jualan produk sendiri melalui blog kita

Pokoknya banyak dech

Namun dengan catatan blog kita sudah memiliki cukup banyak pengunjung yang loyal setiap harinya, dan inilah yang menjadi tantangannya buat kita yang ingin terjun menjadi blogger

Karena buat menjadikan blog kita terkenal dan banyak pengunjung itu tidaklah mudah, butuh di siplin kerja keras dan konsisten dalam menghadirkan artikel artikel yang berkualitas di blog kita

Sedangkan dalam dunia blogger No Traffic = No Money

Tapi jika kita mau belajar dengan tekun dan kerja keras pasti bisa koq sob, terbukti udah banyak koq yang sukses menjadi seorang blogger dengan penghasilan yang fantastis 

Sebut saja seperti Eka Lesmana, Mas Sugeng dengan blog ( sugeng.id nya) mas Gee Jhon dengan blog (portal-uang.com), Gani Sebastian dengan blog (klikmanita.net) Herman Yudiono dengan blog (blogodolar.com ) dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu di sini

Yang pasti, menjadi blogger merupakan bisnis sampingan yang sangat potensial buat kita yang memiliki mental pekerja keras dan ingin sukses

Gimana sobat tertarik buat jadi blogger?

Kalo ia sobat bisa baca panduannya di blog saya yang lain yang sudah saya buat kan sedetail mungkin tentang : membuat blog yang sukses
Read More

Jumat, 21 April 2017

Cara Beli Rumah Bagi Karyawan Meskipun Dengan Gaji Yang Kecil

Sahabat karyawan di manapun anda berada, seperti kita ketahui bersama rumah merupakan suatu kebutuhan pokok yang harus kita miliki, terutama buat kita yang sudah mempunyai keluarga sendiri

Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus bisa menabung untuk membeli rumah, karena tidak mungkin selamanya kita tinggal di tempat orang tua, apalagi di tempat mertua, karena kita sebagai kepala keluarga harus bisa mandiri untuk mencukupi segala kebutuhan keluarga kecil kita

Tapi masalahnya cari rumah dengan harga yang terjangkau itu bisa di bilang mustahil, karena sudah bukan rahasia lagi, harga rumah sekarang sudah sangatlah tinggi dan semakin tahun semakin meningkat seiring pertumbuhan imflasi

Inilah yang banyak menjadi permasalahan bagi kita para karyawan yang hanya memiliki gaji yang kecil, karena terkadang untuk memenuhi kebutuhan sehari hari saja sulit, lalu bagaimana bisa punya rumah sendiri

Tenang aja sob.....

Kalian tidak sendiri, karena hampir seluruh karyawan di seluruh indonesia mengalami hal yang sama seperti kita

Tapi bukan berarti kita juga tidak melakukan apa apa, karena banyak jalan menuju roma, buktinya banyak juga para karyawan yang bisa beli rumah meskipun dengan gajinya yang pas pasan

Ini menunjukan bahwa di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan, untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips cara beli rumah bagi karyawan meskipun dengan gaji yang di bilang pasa pasang

Semoga tips berikut ini bisa menjadi inspirasi buat kita semua ya

Mau tahu apa tipsnya, yuk kita simak langsung ulasannya :


Cara Beli Rumah

1. Pengelolaan Keungan Yang Baik

Ini adalah kunci utamanya

Sebagai karyawan dengan gaji yang kecil , jika kita ingin beli rumah, maka mau tidak mau kita harus mengatur keuangan dengan sangt baik ( Ketat ) dalam artian kita harus mampu tidak membelanjakan uang untuk hal hal yang tidak terlalu penting

Seperti pakaian baru, perabotan rumah tangga yang tidak terlalu penting, ataupun berhenti dari kebiasaan kebiasan yang tidak baik seperti merokok, dan nongkrong di club club malam yang tentunya memerlukan pengeluaran yang tiak sedikit

Meskipun berat memang !!

Tapi mau tidak mau inilah hal pertama yang harus sahabat lakukan, jika sahabat ingin bisa membeli rumah sendiri yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit

Kita harus bisa mengatur sedemikian rupa semua pengeluaran kita di mulai dari kebutuhan pokok ( pengeluaran yang wajib dan tidak bisa di pending ) dalam hal ini seperti 

Listrik, pulsa, Sembako,cicilan kreditan jika ada, hal hal tersebut merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa kita tunda

Anggap aja simulasinya seperti ini :

Sembako : 1000.0000
Listrik       : 100.000
Pulasa     : 50.000
Cicilan     : 500.000

Total = 1.650.000

Gaji pokok rata rata seorang karyawan adalah UMK, di sini saya ambil contoh untuk UMK di darah saya sebear 2.585.000

Berarti uang yang tersisa setiap bulannya adalah 2.585.000 - 1.650.000 = Rp.935.000

Nah berarti ada sekitar Rp. 935.000 yang bisa kita tabung setiap bulannya, lebih bagus lagi kalau kita tidak punya cicilan, maka akan lebih cepat kita bisa menabung

Apakah cukup dengan cara di atas untuk bisa beli rumah?

Tentu saja tidak, namun kalau kita tidak membiasakan diri untuk mengontrol keuangan, maka sampai kapanpun dan berapapun gaji kita selamanya kita tidak akan bisa menyisihkan uang untuk membeli rumah

Untuk itulah point ini harus benar benar kita lakukan kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik

2. Menabung

Setelah kita bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menabung

Nah dalam hal ini ada 2 cara yang bisa kita lakukan

#Menabung Untuk DP Cicilan KPR ( bagi sahabat yang berniat membeli KPR )

Cara yang pertama ini sangat cocok buat sahabat yang gak mau ribet dan ingin beli rumah dengan cepat yakni dengan menabung untuk Dp atau uang muka agar kita bisa melakukan kredit KPR rumah

Dimana uang mukanya berkisar antara 7 s/d 15 juta

Namun tentunya dengan catatan kita sanggup untuk menanggung konsekuensinya yakni membayar cicilan bulanan dalam jangka waktu yang cukup lama yakni berkisar antar 10 tahun s/d 25 tahun yang tentunya bukan waktu yang sebentar

Namun dalam hidup adakalanya kita harus melakukan hal hal yang berani, jadi saya rasa itu tidak masalah, namun jika sahabat lebih sabar sahabat bisa lakukan cara menabung yang kedua yakni

#Menabung Dengan Sistem Investasi

Ini adalah cara yang paling saya anjurkan

Kenapa?

Karena jika kita hanya mengandalkan menabung saja, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama, belum lagi di tambah implasi keuangan yang membuat harga rumah kiat meningkat

Sehingga uang yang kita tabung setelah tiba saatnya sudah tidak sebanding lagi dengan harga rumah pada saat itu

Berbeda jika kita menabung dengan sistem investasi, maka nilai uang kita akan tetap stabil atau bahkan meningkat sebanding dengna laju implasi

Saya ambil contoh :

Jika sahabat punya uang 10 juta rupiah, kemudian uang tersebut hanya sahabat tabung saja di bank selama 1 tahun

Maka apa yang sahabat dapatkan? tentunya hanya sejumlah uang sahabat tersebut yang tidak mengalami perkembangan, sedangkan harga harga bahan pokok dan yang lainnya di tahun ini sudah berbeda dengan tahun tahun sebelumnya

Berbeda jika misalnya uang yang 10 juta tersebut sahabat belikan tanah ataupun emas, maka 1 tahun yang akan datang harga tanah yang sahabat beli tersebut pasti akan meningkat 2 atau bahkan sampai 3 kali lipat dari harga sebelumnya

Inilah pertimbangannya mengapa sahabat harus melakukan investasi di bandingkan hanya dengan menabung biasa

3. Mencari Penghasilan Tambahan Dengan BIsnis Sampingan

Dan yang terakhir ini adalah juga solusi yang juga paling ampuh buat kita yang ingin cepat punya rumah sendiri, namun hanya memiliki gaji kecil

Tapi mau bisnis apa? kan waktu kita terbatas?

Tanang aja masih banyak koq jenis bisnis sampingan karyawan yang tidak menyita waktu dan tidak mengganggu pekerjaan pokok kita

Yang terpenitng kita ada kemauan dan berani untuk kerja keras maka akan ada banyak peluang yang menanti kita di luar sana

Apalagi era sekarang merupakan eranya digital merketing di mana hampir semua bisnis sudah menggunakan sistem internet yang tentunya bisa di kerjakan kapan saja dan di mana saja

4. Jalankan Dengan Komitmen Dan Disiplin Yang Kuat

Tentunya hal hal di atas bukanlah perkara yang mudah untuk kita lakukan, karena
terkadang banyak hal dan kendala yang membat kita tidak bisa melakukannya

Untuk itu jika ingin berhasil, kita harus melakukannya dengan komitmen dan disiplin bahwa apapun yang terjadi kita harus melakukan semua yang sudah di rencanakan dengan baik

Seperti kata pepatah berakit rakit kehulu, berenang renang ketepian, bersakit sakit dahulu, bersenang senanglah kemudai

Tidak mengapa mungkin banyak hal yang harus kita korbankan, asalkan kita bisa hidup lebih baik kelak

Apalagi rumah merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita elakkan harus kita miliki sebagai tempat tinggi kita dan keluarga kita.

Demikianlah cara beli rumah untuk kita para karyawan meski dengan gaji yang bisa di bilang kecil, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, baca juga : Ini di hal yang harus kita siapkan jika bosan jadi pegawai dan pengen punya usaha sendiri
Read More

Selasa, 11 April 2017

Tips Menabung Cepat Dan Ampuh Untuk Karyawan Meskipun Gaji Pas Pasan

Hai sahabat karyawan !!

Tak dapat kita pungkiri menabung adalah sesuatu yang bisa di bilang sangat sulit bagi kita para karyawan, karena banyaknya keperluan yang harus kita keluarkan setiap bulannya

Namun sumber penghasilan yang kita andalkan hanya gaji semata

Tenang, sahabat tidak sendirian karena hampir seluruh karyawan di indonesia juga merasakan hal yang sama seperti yang sahabt rasakan

Terus gimana donk?

Ada gak cara menabung yang baik agar bisa cepat menyimpan uang untuk membeli rumah ataupun untuk mulai berbisnis sampingan sebagai mata pencaharian tambahan kita

Ada donk,.. banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa menabung untuk masa depan "asalkan kita mau mengusahakannya"

Karena tentunya segala sesuatu ini butuh komitmen dan kedisiplinan agar kita bisa sukses menjalankannya

Begitu juga dengan menabung, cara menabung yang efektif sekalipun tidak akan berhasil kita lakukan kalau kita tidak ada komitmen dan disiplin dalam menjalankanya

Untuk itu sebelum sobat membaca tips menabung yang akan saya bagikan berikut ini sobat harus tanamkan pada diri sahabat untu mulai di siplin menabung demi masa depan sobat kelak

Karena kalau tidak sekarang kapan lagi?


Tips Menabung

Cara Menabung Yang Baik Dan Efektif

1. Harus Bisa Mengatur Keuangan Dengan Baik


Ini adalah hal utama yang harus kita lakukan jika kita ingin bisa menabung cepat di rumah ataupun di bank

Karena tanpa kita bisa mengatur keuangan dengan baik, maka akan membuat keuangan amburadul alias kacau dan menabung bisa jadi hal yang mustahil bagi kita semua

tapi gimana cara mengatur keungan yang baik?

Saya ada sedikit tips ni sahabat


  • Tulis dan rincikan semua kebutuhan pokok


Ini adalah yang paling penting jika kita ingin mengatur keuangan kita dengan baik, catat dan rincikan semua kebutuhan pokok kita setiap bulannya dari mulai hal yang terkecil sampai dengan yang besar

Dari sini kita bisa mengetahui dengna pasti berapa sebenarnya kebutuhan pokok kita setiap bulannya

Dan dari sini kita juga bisa melihat berapa kelebihan uang yang tersisa setelah kita gunakan untuk kebutuhan pokok tersebut


  • Kurangi kebiasaan makan di luar rumah
Kebanyakan dari karyawan pasti makan siang di kantir ataupun di luar rumah dengan alasan tidak mau ribet membawa bontot dari rumah

Padahal jika kita membawa makanan dari rumah untuk makan siang kita bisa menghemat pengeluaran lho, dan uang tersebut bisa kita gunakan untuk menabung

  • Menghemat pengeluaran untuk beberapa hal yang tidak begitu penting
Ini juga harus kita lakukan jika kita ingin bisa mengatur keuangan dengan baik sehingga bisa menabung untuk masa depan, yakni dengan cara menghemat beberapa pengeluaran yang tidak begitu penting

Misalah acara nongkrong bareng teman, jalan jalan ke luar kota, sebisa mungkin kurangi hal hal yang tidak penting namun membutuhkan anggaran yang cukup besar

2. Sebisa mungkin hindari berhutang

Semakin banyak hutang maka semakin kecil kesempatan untu menyisihkan uang bulanan kita untuk di tabung

Untuk itu sebisa mungkin hindari berhutang untuk hal hal yang masih bisa kita tunda terkecuali memang kita benar benar membutuhkannya

Atau jika kita berhutang untuk modal usaha, itu tidak masalah yang terpenting rencanakan semuanya dengna matang agar kita tidak salh melangkah dalam memanfaatkan uang hasil dari berhutang tersebut

3. Jangan Memegang Uang Tunai Terlalu Banyak

Kenapa?

Karena sering kali kita tidak sadar membelanjakannya untuk hal hal yang tidak terlalu penting di saat kita memegang uang tunai terlalu banyak, apalagi di saat jalan jalan ataupun berpergian bareng teman

Untuk itu peganglah uang seperlunya saja sesuai dengan yang sudah kita tulis dan kita rincikan di awal

4. Buat Rekening Berbeda Dari Rekening Gaji

Bagi sahabat yang  gajiannya lewat rekening, maka saya sarankan untuk membuat rekening berbeda dari rekening gaji dan kalau bisa jangan mengambil fasilitas ATM  agar kita tidak tergoda untuk mengambil isinya

Bahkan kalau perlu gunakan fasilitas auto debet dari bank, sehingga uang tabungan kita akan otamits terkirim dengna sendirinya ke rekening tabungan tersebut

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika memang gaji kita sangat minim untuk menabung, maka gak ada cara lain selain kita mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama kita tersebut

Tapi gimana membagi waktunya?

Inilah yang sering menjadi di lema bagi para karyawan untuk mencari sumber pendapatan tambahan

Tapi sahabat gak perlu khawatir, karena sekarang era di gital marketing, banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama kita

Silahkan sobat baca di artikel saya di blog kerjaonline.my.id : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

6. Melakukan Investasi

Yang selanjutnya tips menabung cepat yang efektif adalah dengan melakukan investasi

Kenapa?

Karena terbukti investasi memiliki pengembangan yang lebih baik di bandingkan dengan hanya sekedar menabung

Untuk itu melakukan investasi bisa di bilang hal yang wajib bagi kita para karyawan

Tapi investasi apa?

Banayk koq jenis investasi dengan modal kecil yang bisa kita ikuti misalnya seperti reksadana, forex ataupun asuransi

7. Hindari Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat menggiurkan dan seakan akan menjadi dewa penolong di saat kita membutuhkan

Tapi disisi lain terkadang banyak di antar kita yang justru tidak bisa mengontrol pengeluaran dengan baik dengan adanya kartu kredit ini karena sangat gampang pada saat proses belanjanya

Dan begitu tagiah datang, tanpa sadar sudah menambah beban pengeluaran setiap bulannya

8. Mengikuti Arisan Keluarga Atau Teman

Yang terakhir yang juga sangat efektif untuk menabung adalah dengan mengikuti arisan bareng teman ataupun keluarga

Karena dengan mengikuti arisan kita akan lebih di siplin dalam menyisihkan uang setiap bulannya, dan kita jadikan sebagai pengeluaran wajib setiap bulan sehingga mau tidak mau kita harus menyisihkannya

Cara ini sangat efektif buat sahabat yang sangat sulit sekali menyisihkan uang jika hanya di tabung sendiri ataupun di bank

Demikianlah Beberapa tips menabung cepat dan ampuh untuk karyawan meskipun kita memiliki gaji yang pas pasan, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua

Read More

Selasa, 21 Februari 2017

Di Tempat Kerja Mu Ada Orang Yang Suka Cari Muka ? Ini Cara Bijak Menghadapinya

Tak dapat kita pungkiri di tempat kerja kita akan berhadapan dengan banyak orang dengan berbagai macam karakter dan latar belakang yang berbeda yang terkadang membuat kita sedikit mengerutkan dahi

Terutama buat mereka yang suka "mencari muka"

Orang semacam ini cenderung akan memanfaatkan segala macam cara untuk memikat hati atasan atau boz agar menilai baik dirinya meskipun terkadang harus menjelek jelekan teman ataupun rekan kerjanya sendiri

Bahkan mereka tak segan mencari cari kesalahan orang lain untuk menutupi keselahan dirinya sendiri di mata pimpinan

Salah salah, bahkan teman sendiripun bisa di jadikannya kambing hitam

Nah jika sahabat ketemu dengan orang seperti ini di tempat kerja sahabat, gak usah khawatir, saya punya tips nich bagaimana cara bijak menghadapi orang semacam ini

Cari Muka


1. Tetap Tenang And Be Cool

Gak perlu gundah dan gusar jika kita harus bertemu dengan sang pencari muka baik hanya sekedar berpapasan maupun harus bertemu di dalam sebuah meeting maupun pertemuan yang di adakan di kantor

Karena rasa marah dan kesal hanya akan membuat diri kita sendiri tidak tenang dan bisa membuat kita melakukan hal-hal yang tidak seharusnya, bahkan bisa membuat kita bosan jadi pegawai

Untuk itu tetap tenang and be cool, anggap saja sanga pencara muka itu sekedar angin lewat dan kita ciptakan suasa tentram dan damai dalam diri kita

Dengna cara mendengarkan musik ataupun banyak berzikir kepada Tuhan

2. Jangan Pernah Kita Percaya Dengan Kata Kata Si Pencari Muka

Kenapa?

Karena si pencari muka tak pernah punya sahabat sejati, tidak juga ada loyalitas karena apapun yang dia lakukan semua hanya demi kepentingan pribadi pribadi dia sendiri

Meskipun kebetulan yang dia lakukan itu adalah baik pastilah itu karena menguntungkan bagi dirinya ataupun ada maksud lain yang dia incar

Untuk itu jangan perncah percaya terhadap kata kata mereka, karena apapun yang dia katakan hanyalah siasatnya saja

Ya meskipun kita harus berfikir positif pada setiap orang, namun tentunya kita harus juga bisa membedakan mana orang yang benar benar tulus dan mana orang yang hanya mencari keuntungan semata

3. Jangan Terlalu Dekat Dan Jangan Terlalu Jauh Dengan Mereka

Saya katakan demikian, karena walau bagaimanpun kita tidak boleh menanam kebencian kepada orang lain

Karena jika demikian artinya kita tidak ada bedanya dengan dia

Untuk itu dalam menghadapi sang pencari muka, kita janganlah terlalu dekat dan jangan pula memusuhinya

Anggap saja mereka sekedar orang asing yang baru kita kenal, bukan sahabat, bukan teman kantor namun hanya sekedar mengetahui saja

4. Berjiwa Besar

Baik dan buruk semua datangnya dari Tuhan, baik sebagai ujian ataupun sebagai teguran bagi kita

Anggap saja adanya sang pencari muka di kantor adalah sebagai ladang amal baik buat kita melatih kesabaran dan ketenangan

Karena kalau kita memang tidak salah apapun yang dia katakan pada atasan tidak akan pernah berpengaruh apapun terhadap diri kita

Dan jika siasat mereka pun berhasil, anggap aja itu semua sebagai jalan yang terbaik yang harus kita lewati,

5. Yakinkan Pada Diri KIta Semua Perbuatan Pasti Akan Ada Balasannya

Yang terakhir harus kita selalu ingat dan yakinkan pada diri kita bahwa semua perbuatan pasti akan ada balasannya

Karena Tuhan maha mengetahui dan maha benar

Tidak akan pernah ada yang luput dari diriNya

Jadi kita gak perlu marah dan kesel, serahkan semua pada Tuhan, apapun resiko yang kita hadapi akibat ulah si pencari muka

Kita akan mendapatkan yang lebih baik dari yang mereka pikirkan

Ciri Ciri Orang Yang Suka Mencari Muka

Setelah kita tahu cara menyikapi orang yang suka cari muka, kita harus tahu juga ni sob ciri ciri orang yang suka cari muka, agar kita tidak salah berteman dengan mereka

1. Sering melaporkan kejelekan orang lain pada atasan seolah olah dirinyalah paling baik dan bagus

2. Takut tersaingi oleh rekan kerja yang lain sehingga suka ira dan tidak senang jika ada rekan kerja lain yang berprestasi

3. Di depan bos dia akan selalu tunduk terhadap perintahnya, namun di belakang dia akan menjelek jelekkan siboz

4. DIa tidak akan segan segan menindas rekannya dan menjadikannya batu loncatan agar dirinya bisa memperoleh citra baik dari atasan, atau bahkan bisa menyabotase rekan kerjanya agar tidak bisa memperoleh akses ke orang orang yang berpengaruh di tempat kerja agar hanya dirinyalah yang bisa di percaya oleh atasan

5. Menjadi mata mata bos bahkan untuk urusan yang terkadang tidak berhubungan sama sekali dengan pekerjaan, yang terpenting dia bisa menjatuhkan reputasi rekan kerjanya di mata atasan

Demikianlah cara menyikapi jika ada orang suka cari kerja di tempat kerja kita, semoga bisa bermanfaat buah sahabat semua

Read More

Rabu, 25 Januari 2017

Macam Macam Bisnis Sampingan Karyawan Modal Kecil Yang Potensial Untuk Di Tekuni

Banyak yang bilang kalau jadi karyawan itu, maka kita akan sulit untuk menekuni bisnis yang di luar pekerjaan kita tersebut

Selain karena keterbatasan waktu yang sudah habis di kantor kendala modalpun sering kali banyak menjadi alasan para karyawan merasa enggan untuk memulai kerja sampingan di rumah ataupun memulai usaha sendiri

"Gimana mo buka usaha coba? jam kerja kan 8 jam, jadi waktu sudah habis di kantor" 
boro boro mo buka usaha, waktu untuk istirahat aja kadang gak cukup, celoteh salah seorang karyawan jika di tanya tentang bisnis sampingan !!

Ya begitulah, kalau kita menekuni bisnis sambil bekerja maka kita harus  rela mengorbankan waktu istitahat kita untuk mengurus dan mengembangkan usaha yang kita tekuni agar usaha tersebut kelak bisa menjadi usaha utama kita

Kenapa?

Karena kita tidak mungkin menjadi karyawan seumur hidup kan? okelah mungkin menjadi karyawan semua serba terjamin dari  mulai kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, dan menerima gaji tetap setiap bulan

Tapi mau sampai kapan? ia kalau kita tidak terkena arus phk? ataupun menghadapi konflik konflik yang lain yang kadang membuat kita tidak betah lagi kerja di perusahaan tersebut

Untuk itu lebih baik kita persiapkan dari sekarang sebuah bisnis sampingan yang potensial, sehingga jika suatu saat terjadi hal hal yang tidak di inginkan, maka kita sudah siap untuk kerja mandiri dan tidak terkantung kepada orang lain lagi

Tapi bisnis apa ya?


bisnis sampingan karyawan


Tenang aja, kali ini saya sudah siapkan beberapa contoh bisnis sampingan yang cocok buat karyawan yang tidak memerlukan modal besar namun memiliki potensi yang sangat baik jika kita kelola dengan baik

Mau tahu apa aja usaha sampingan yang cocok untuk karyawan tersebut? yuk kita simak ulasannya di bawah ini

1. Jualan Online

Jika sahabat merasa orang yang super sibuk, namun tetap ingin punya penghasilan tambahan dari kerja sampingan

Maka solusi utamanya adalah jualan online

Kenapa?

Karena selain tidak memerlukan tempat khusus layaknya jualan di dunia offline, jualan online juga sangat flexibel untuk kita jalankan bahkan sembari bekerja di kantor

Tapi gimana caranya?

Dalam hal ini ada 2 pilihan sob :

  • Sistem Dropshipper
Dengan sistem dropshipper ini memungkinkan kita untuk jualan online tanpa modal sama sekali

Karena kita cukup mendaftar menjadi member di salah satu toko online yang menyediakan sistem dropshipper

Kemudian setelah kita diterima, kita bisa langsung action menjual barang barang yang di tawarkan oleh pihak toko online yang kita ikuti tanpa melakukan stok barang lebih dulu

Gak ada stok barang? trus jualannya gimana?

Inilah uniknya sistem dropshipper, karena kita jualannya cukup menggunakan katalog ataupun foto yang sudah di sediakan oleh pihak toko online yang kita ikuti tersebut, jadi kita tidak perluu stok barang

Dan jika ada yang mau beli, kita tinggal melakukan konfirmasi dan pembayaran serta data data pembeli ke pihak toko online yang kita ikuti tersebut, nanti mereka yang akan mengirimkan barangnya secara langsung ke pembeli atas nama toko online kita

Lebih jelas tentang sistem dropship ini sobat bisa baca di artikel blog saya yang lain tentang : Apa Itu Dropship Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Di situ sudah saya jelaskan secara lengkap tentang dropshipper ini

  • Sistem Jual Kembali ( Reseller )
Dalam hal ini sitem jualan seperti biasanya

Kita harus mencari dan membeli barang barang yang kita jual nantinya dari pasar ataupun dari distributor distributor terkenal agar bisa kita jual kembali nantinya

Yang paling penting dalam sistem reseller ini bagaimana caranya kita bisa menemukan harga barang yang lebih murah dari pasaran agar kita bisa dengan mudah menjual kembali di pasaran

2. Menjual Pulsa Elektrik Dan Internet

Banyak yang menyepelekan bisnis modal kecil yang satu ini karena terlihat sebagai bisnis yang sepele

Padahal coba kita fikir kembali, kebutuhan akan pulsa elektrik dan internet sudah menjadi kebutuhan pokok di era moderen ini yang pasti di butuhkan oleh semua kalangan

Apalagi bisnis pulsa elekrtik ini tidak memerlukan termpat khusus karena kita bisa melakukannya dengan bermodalkan hp saja

Dan untuk custumernya kita bisa menjualnya ke teman teman sekantor, keluarga ataupun para tetangga rumah

So.... gak ada salahnya untuk kita coba bukan

3. Membuka Jasa Laundry

Di ere moderen ini banyak orang orang yang ingin seba praktis dalam hal apapun, tak terkecuali dalam mencuci baju dan menyertika

Apalagi buat mereka yang hari harinya super sibuk dan banyak kegiatan tentu mereka akan memilih menggunakan jasa laundry dari pada harus mencuci pakaian mereka sendiri

Untuk itu jasa laundry ini bisa jadi peluang bisnis yang potensial untuk kita para karyawan yang ingin punya penghasilan tambahan penghasilan

Apalagi buat kita yang tinggal di daerah dekat dengan kampus, perkantoran ataupun daerah kompleks industri, merupakan daerah yang potensial untuk kita membuaka jasa laundry ini

Untuk modal gak terlalu besar koq, berkisar antara Rp.7.500.000 s/d Rp.10.000.000

4. Jasa Cuci Sepeda Motor


peluang usaha sampingan


Saat ini hampir setiap rumah tangga memiliki sepeda motor bahkan lebih dari satu, karena memang sudah menjadi keperluan transportasi yang wajib di miliki setiap keluarga untuk keperluan sehari hari ataupun untuk berkunjung ke tempat keluarga yang jauh

Nah tentunya ini adalah peluang bisnis yang bagus bagi kita untuk membuka jasa cuci sepeda motor

Karena tentunya tidak semua orang bisa mencuci motornya sendiri, baik karena keterbatasan waktu, maupun karena hasilnya yang kurang maksimal jika hanya mencuci motor sendiri

5. Menjadi Penulis Lepas Online

Di era sekarang ada banyak sekali website ataupun blog yang memerlukan penulis untuk mengisi konten blog mereka

Untuk itu buat kita para karyawan yang ingin punya bisnis sendiri bisa memanfaatkan peluang menjadi penulis lepas online ini, karena waktunya yang flexibel dan tidak mengganggu kerjaan utama kita

Namun yang perlu sobat ketahui untuk menjadi penulis lepas ada beberapa kemampuan yang harus sobat miliki seperti SEO, riset keyword dan gaya penulisan yang baik

6. Membuka Lest Private

Buat sahabat yang memiliki background pendidikan yang kuat ataupun keahlian khusus yang tidak banyak di miliki orang lain, kenapa tidak mempertimbangkan untuk membuka lest private ataupun kursus sebagai bisnis sampingan sobat

Karena tentunya pasti banyak anak anak sekolah SD, SMP, SMA yang memerlukan bimbingan pelajaran agar mereka bisa lebih mengerti tentang pelajaran yang mereka miliki

7. Bisnis Jahit Pakaian

Bagi sahabat yang punya keahlian menjahit

Maka membuka bisnis menjahit pakaian merupakan salah satu bisnis yang wajib sobat pertimbangkan

Karena proseperk bisnis ini sangat potensial, terutama menjelang hari raya ataupun tahun ajaran baru anak-anak sekolah, hampir semua penjahit pakaian kebanjiran orderan

Bahkan sampai ada beberapa penjahit yang sampai menolak pesanan karena sudah over orderan

Ini membuktikan bahwa bisnis ini sangat potensial untuk bisnis sampingan karyawan

8. Buka Rental Plays Station

Sampai saat ini plays station masih menjadi jadi salah satu permainan yang paling di gemari dan di minatai semua kalangan, baik tua maupun  mudah terutama permainan sepak bolanya

Untuk itu sampai saat inipun rental ps bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mencari penghasilan tambahan yang bisa kita geluti

9. Budidaya Ikan

Cukup bermodalkan kolam ukuran 4 x 6 dan bibit ikan nila atau patin kita sudah bisa memulai bisnis yang satu ini

Cara perawatannyapun gampang, karena kita bisa memberinya makan sebelum berangkat kerja dan sesudah pulang kerja jadi tidak mengganggu aktifitas kerjaan pokok kita

10. Jual Aneka Jus Buah


usaha rumahan


Selain rasanya yang enak, buah buahan merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan terutama jika di buat jus

Itulah mengapa menurut saya pribadi ini merupakan peluang bisnis yang sangat bagus untuk kita para karyawan

Karena jus buah bukan hanya sebagai minuman selingan belakan melainkan juga kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mereka

11. Membuka Warkop Sederhana Juga Ok

Jika lokasi rumah sobat dekat dengan daerah keramain maka membuka usaha warkop sederhana juga patut untuk di pertimbangkan

Apalagi jika warkop tersebut kita lengkapi dengan fasilitas Wifi dan permanan lain seperti catur dan domino tentu akan menjadi daya tarik para custumer untuk nongkrong di warkop kita

Dan tentunya pundi pundi uang akan mengalir ke kantong kita dengan derasnya

12. Usaha Foto Copy

Terutama untuk sahabat yang berada dekat dengan daerah perkantoran dan sekolah sekolah maka usaha foto copy merupakan usaha yang wajib untuk kita jalankan jika kita ingin punya bisnis sendiri yang suatu saat bisa kita jadikan bisnis utama

Demikianlah contoh macam macam biisnis sampingan karyawan yang potensial untuk di tekuni, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua

Jangan lupa baca juga : Bosan Jadi Pegawai Dan Pengen Usaha Sendiri Ini Hal Yang Harus Kita Siapkan Lebih Dulu
Read More

Senin, 23 Januari 2017

Bosan Jadi Pegawai Dan Pengen Usaha Sendiri? Ini Hal Hal Yang Harus Kita Siapkan Lebih Dulu

Bosan jadi pegawai? adalah hal yang biasa, karena memang menjadi karyawan swasta ataupun negeri memiliki suka duka yang terkadang memilukan dan membosankan

Seperti gaji yang kecil, kenaikan gaji yang tidak seberapa, belum lagi berbagai macam masalah dengan lingkungan kerja yang terkadang membuat pusing tujuh keliling

Terutama untuk pegawai swasta yang tidak punya masa depan di hari tua

Untuk itu, tak heran banyak yang bosan jadi pegawai dan memilih untuk banting stir menjadi seorang pengusaha

Namun yang perlu sobat ketahui, menjadi wirausahawan itu tidaklah semudah yang kita bayangkan

Karena ada banyak hal yang harus kita siapkan dan kita rencanakan lebih dulu agar bisnis yang kita jalankan bisa berhasil dengan baik

Untuk itu bagi kita yang sudah merasa bosan jadi pegawai dan ingin berwirausaha, jangan buru buru untuk resign dulu dari perusahaan sebelum menyiapkan beberapa hal berikut ini

Agar kelak, semuanya bisa berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan, dan kita bisa punya usaha sendiri yang bisa menunjunag kehidupan kita dan bisa menjadi profesi baru

bosan jadi pegawai

Apa Saja Yang Harus Kita Siapkan?

1. Mempersiapkan Mental Dengan Baik

Dari seorang pegawai menjadi seorang wirausahawan itu merupakan 2 hal yang sangat bertolak belakang

Seorang karyawan akan menerima gaji tetap dan pasti setiap bulan, sedangakan seorang pengusaha penuh dengan ketidakpastian

Ada kalanya laku, adakalanya mengalami kerugian dan jika mau mendapatkan keuntunganpun kita harus benar benar merencanakan semua dengan matang sendiri

Untuk itu jika saat ini kita seorang pegawai dan pengen punya usaha sendiri, kita harus benar benar menyiapkan mental kita lebih dulu dari mental karyawan menjadi mental pengusaha

Misalnya dengan belajar jualan online ataupun bekerja sambil berwirausaha

Sehingga dari situ kita sudah siap dan mantap akan lika liku dunia wirausaha jika memang kita sudah tidak betah lagi jadi karyawan kelak

2. Mempersiapkan Jenis Usaha Yang Akan Kita Geluti

Ini juga sangat penting untuk perisapkan sebelum kita resign dari perusahaan

Agar setelah kita keluar kita sudah siap dan mantap bahwa kita akan menggeluti di bidang usaha yang sudah kita pilih

Sehingga jika saatnya tiba, kita tidak perlu bingung dan gundah lagi karena kita sudah mempersiapkannya dengan matang dan siap untuk menjalankannya

Cara memersiapkannya gimana?

Kita bisa bisa mengetahuinya dengan melakukan riset kecil kecilan di daerah kita akan melakukan usaha tersebut

Misalnya mencari tahu barang apa yang paling banyak di minati, usaha yang sedang trends, sehingga kita bisa tahu gambaran kecil tentang wilayah pasar yang akan jelajahi kelak

3. Mempersiapkan Modal Dengan Menyisihkan Sebagian Gaji

Setiap usaha tentunya butuh modal bukan?

Dari pada kita harus meminjam uang ke bank untuk modal, lebih baik kita mempersiapkannya dengan menyisihkan sebagian gaji kita untuk persiapan modal usaha

Karena kalau kita meminjam uang untuk usaha dari bank, tentu kita harus memikirkan setorannya setiap bulan

Sedangkan di awal awal kita memuali usaha, tentunya kita akan sedikit banyak mengalami kendala yang kadang sedikit menyulitkan untuk kita para pengusaha baru

Jadi alangkah baiknya kalau kita menyiapkannya dengan menyisihkan dari sebagian gaji sehingga kita bisa lebih fokus dalam pengembangan dan lebih menikmati proses menjadi seorang pengusaha

4. Menentukan Tempat Lokasi Usaha Kita

Tempat usaha merupakan objek vital yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan

Kenapa ? karena jika kita salah dalam memilih tempat maka usaha kita akan sulit berkembang dan mati perlahan

Itulah mengapa harga harga tanah yang berada di pinggir jalan dan di dekat daerah pusat keramain akan selalu melambung tinggi, karena memang tempat tempat tersebut sangat strategis untuk membuka usaha

Untuk itu, sebelum kita memutuskan berhenti jadi karyawan kita harus menyiapkan dan menentukan lokasi usaha kita lebih dulu

Agar kita tidak gelabakan dan kewalahan di saat kita sudah resign dari kantor

5. Pilih Usaha Yang Sesuai Dengan Passion

Kenapa?

Karena sekali lagi menjadi pengusaha itu tidaklah mudah

Dengan memilih usaha yang sesuai dengan passion dan minat kita, maka akan membantu kita tetap tegar dan sabar di saat kita mengalami kesulitan terhadap usaha yang sedang kita geluti

Karena kita menjalankannya bukan karena hanya karena keuntungan semata namun karena juga bagian dari hobi

Usaha yang sesuai dengan minatpun akan membuat kita menjalaninya dengan enjoy dan penuh semangat, sehingga peluang kita untuk sukses bisa jauh lebih besar

6. Pilih Usaha Dengan Modal Kecil

Ini hanya sekedar saran saja

Buat kita yang benar benar nol di bidang bisnis, maka kita tak perlu langsung terjun di bidang usaha yang memerlukan modal besar

Karena modal besarpun bukanlah jaminan untuk kesuksesan suatu usaha, semakin besar modal makan akan semakin besar resiko kerugian yang akan kita dapatkan

Untuk itu, untuk menyiasatinya kita bisa belajar dari usaha usaha dengna modal yang kecil lebih dahulu, baru setelah kita mengenal lebih jauh seluk beluk bisnis barulah setelah itu kita berlaih ke usaha yang lebih besar

7. Persiapan Atau Antisipasi Kerugian Di Awal Awal Usaha

Dalam dunia usaha, kerugian adalah hal yang hampir tidak bisa kita elakkan sahabat

Apalagi di awal awal kita membuaka usaha, pastilah banyak hambatan dan kendala yang harus kita hadapi lebih dulu yang bisa menyebabkan kerugian 

Untuk itu dari awal harus sudah kita siapkan dana antisipasi untuk mengatasi di saat kita mengalami kerugian

Terutama di tahun pertama kita menjalani bisnis kita

8. Tentukan Cara Promosi Yang Tepat Untuk Bisnis Kita

Bisnis tanpa promosi adalah bagaikan sayur tanpa garam

Tanpa promosi bisnis kita akan lambat berkembang bahkan akan sulit di kenal oleh orang orang yang ada di lingkungan kita

Untuk itu sejak dari awal kita harus sudah pikirkan bagaimana cara mempromosikan bisnis yang akan kita geluti tersebut

Misalnya dengan mempromosikannya secara online melalui facebook, twitter, intagram, ataupun dengan membuatkan blog atau website khusus untuk usaha kita

Hal ini harus sudah kita fikirkan matang matang sebelum kita memutuskan terjun di dunia usaha

Demikianlah beberapa hal yang harus kita persiapkan jika kita bosan jadi pegawai dan pengen usaha sendiri, agar kita bisa lebih siap dan tidak gelabakan nantinya
Read More