Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Di Tanyakan Berserta Tips Menjawabnya Untuk Membuat Calon Bos Terkesan

Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Di Tanyakan Berserta Tips Menjawabnya Untuk Membuat Calon Bos Terkesan

Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Di Tanyakan Berserta Tips Menjawabnya Untuk Membuat Calon Bos Terkesan

Wawancara kerja, merupakan hal pertama yang harus kita taklukan sebelum memastikan diri untuk bisa di terima di suatu perusahaan yang kita lamar.

Karena di sinilah pihak perusahaan dapat menilai secara langsung akan kualitas dari calon pegawai yang akan bekerja di perusahaan mereka lewat beberapa pertanyaan.

Namun taukah sahabat apa pertanyaan interview yang sering di tanyakaan pada saat kita interview kerja?

Jika belum !!

Maka bersyukurlah karena sobat menemukan artikel yang tepat, di artikel ini kalian akan menemukan beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering di tanyakan, beserta tips cerdas menjawabnya.

Sehingga pada interview nanti .

Sobat bisa menaklukkan seluruh pertanyaan interview dengan sangat meyakinkan, sehingga bisa memberikan kesan yang begitu "menggoda" yang tak akan mampu di tolak oleh calon bos sahabat.

Seperti kata pepatah, kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda.

Jangan sampai hanya karena kesan pertama yang kurang meyakinkan, sobat gagal mendapatkan pekerjaan yang baik yang sudah sobat nantikan selama ini.

wawancara kerja

Nah untuk itu kalai ini saya akan membagiakan beberapa cotoh pertanyaan interview yang sering di tanyakan, lengkap dengan cara menjawabnya.

A. Pertanyaan Pengenalan


Di awal interview biasanya pihak perusahaan ingin mengetahui lebih dahulu tentang latar belakang diri sobat sebagai pencair suasana.

Namun tak menutup kemungkinan juga sebagai terting untuk mengetahui karakter diri kita.

1. Silahkan Perkenalkan Diri Anda

Ini adalah pertanyaan interview pembuka sekedar untuk mengetahui diri sobat saja.

Tips menjawab : perkenalkan diri sobat dengan lengkap dan jelas dari mulai Nama, TTL, ALamat, Pendidikan terakhir dan Hobi.

2. Apa Kelebihan Dan Kekurangan Diri Anda

Tips menjawab : Saya masih belum berpengalaman di dunia kerja jadi belum terlalu percaya diri namun saya pastikan saya seorang yang mau belajar dan bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

3. Apa Pekerjaan Orang Tua Anda

Meskipun jarang, pertanyaan tentang latar belakang keluarga seperti ini juga sering ada sob.

Jadi jangan kaget ya.

Tips menjawab : Jawab sesuai dengan profesi orang tua sobat saat ini dengan penuh percaya diri dan kebanggaan apapun profesi kerja orang tua sobat.

4. Apakah Anda Memeliki Keterampilan Lain 

Ini untuk mengetahui apakah sobat merupakan seorang yang multi talented atau bukan.

Tips menjawab : jawab yang jujur saja, jangan memaksakan untuk terlihat punya banyak keterampilan jika memang tidak sesuai kenyataan.

Contoh jawaban : Saya pernah kursus komputer di bidang desain grafis dan saya suka sekali membuat desain sendiri untuk mengisi waktu luang saya.


B. Pertanyaan Lanjutan Untuk Pengenalan Karakter


Di pertanyaan lajutan inilah biasanya faktor terbesar yang menentukan di terima atau tidaknya kita di perusahaan yang kita lamar tersebut.

Karena di pertanyaan pertanyaan ini biasanya pihak perusahaan ingin memastikan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan.

Apa aja pertanyaannya?

1. Sebelumnya Anda Pernah Kerja Dimana, Dan Kenapa Anda Berhenti Dari Perusahaan Sebelumnya?

Jika sahabat merupakan pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja, pertanyaan ini pasti akan muncul di point pertama.

Kenapa?

Karena pimpinan perusahaan yang sobat lamar, ingin memastikan karyawan yang dia rekrut bukanlah karyawan yang pernah terlibat masalah di perusahaan sebelumnya yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Jadi gimana cara yang tepat menjawab pertanyaan ini?

Gampang koq, pastikan sobat tidak memberitahu pewawancara meskipun sebelumnya sobat pernah ada masalah.

Bilang saja sobat ingin mencari pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya.

2. Kenapa Anda Tertarik Untuk Melamar Di Perusahaan Ini

Pertanyaan wawancara seperti ini biasanya pihak pewawancara ingin mengetahui seberapa besar pengetahuan kita tentang perusahaan mereka dan seberapa tertarik kita dengan perusahaan tersebut.

Tips menjawab : Karena tak dapat di pungkiri perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang mapan dan saya lihat ada masa depan cerah yang menanti saya jika saya bisa di terima di perusahaan bapak ini.

3. Apakah Anda Mampu Bekerja Dalam Shift

Jika sahabat melamar pekerjaan di perusahaan yang memiliki jam kerja shif ( siang/malam) biasanya pertanyaan ini pasti akan muncul.

Tujuannya untuk mengetahui seberap siap dan mampu sobat jika harus bekerja secara shift-shifan.

Tips menjawab : Saya mampu, karena sebelumnya saya sudah terbiasa dengan jam kerja shift baik itu shift malam ataupun siang, jadi tidak ada masalah bagi saya pribadi.

4. Deskripsikan Diri Anda Dalam 3 Kata

Untuk pertanyaan seperti ini, biasanya pihak pewawancara ingin mengetahui seberapa cepat dan tanggap anda jika dihadapkan dalam situasi yang harus berfikir dengan cepat dan tepat.

Jadi usahakan sobat menjawab dengan cepat dan gambarkan diri sobat dengan 3 kata yang masih berhubungan dengan posisi yang sedang sobat lamar.

Tips menjawab : Gambaran diri saya : pekerja keras, jujur, dan siap melaksanakan tugas.

5. Berapa Gaji Yang Anda Inginkan

Jika sahabat belum berpengalaman, maka saran saya jangan terlalu menuntut gaji yang besar, karena ini juga bisa jadi pertimbangan dari pihak perusahaan untuk menerima sobat atau tidak.

Lain halnya kalau sobat memang sudah mempunyai pengalaman kerja yang segudang, biasanya petnyaan seperti ini memang di tujukan untuk negosiasi gajih.

Tips menjawab: Sesuai dengan aturan yang berlaku saja pak.

6. Jika Harus Memilih Anda Senang Bekerja Sendiri Atau Dalam Tim

Interview ini biasanya di tujukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kita beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Jadi jawaban terbaiknya adalah : Tergantung dari posisi yang bapak tempatkan karena bagi saya bekerja tim atau sendiri itu sama saja yang terpenting bagaimana kita bisa melakukan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab dan dengan sebaik baiknya.

7. Bagaimana Cara Anda Menghadapi Masalah Dalam Pekerjaan

Pertanyaan ini di tujukan untuk mengetahui seberapa siap kita dalam menghadapi suatu masalah dalam pekerjaan.

Tips menjawab : Saya akan mencari akar masalah sebenarnya dan akan mencoba melakukan perbaikan dari akar masalah tersebut dan berusaha mencegahnya agar tidak terjadi lagi.

8. Apakah Anda Mampu Bekerja Dalam Tekanan

Biasanya ini di tujukan untuk mengetahui apakah kita sudah benar-benar siap bekerja di perusahaan mereka.

Tips menjawab : Ya saya mampu bekerja dalam tekanan, karena walau bagaimanapun tekanan dalam kerja merupakan motivasi tersendiri bagi saya untuk membuktikan bahwa saya bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan yang di perlukan.

9. Apa Halangan Tersulit  Dalam Pekerjaan Anda Sebelumnya

Tips menjawab : Saya menemukan kesulitan karena di perusahaan sebelumnya tidak ada prosedur yang jelas ( SOP) dalam melakukan pekerjaan.

Sehingga cenderung saling menyalahkan jika terjadi suatu kekacauan.

10. Suasan Kerja Yang Seperti Apa Yang Anda Sukai

Tips menjawab : Tentunya suasana kerja yang kekeluargaan namun tetap segalanya sesuai dengan prosedur kerja yang jelas dan semua sudah saling mengerti tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

11. Apa Yang Akan Anda Lakukan Jika DI Terima Bekerja Di sini

Tips menjawab : Saya akan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang maha esa dan saya akan sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu yang telah berkenan menerima saya bekerja di perusahaan ini.
This Is The Oldest Page
Buka Komentar