7 Tips Jitu Agar Tidak Ada lagi Tanggal Tua Dalam Kamus Anda

7 Tips Jitu Agar Tidak Ada lagi Tanggal Tua Dalam Kamus Anda

7 Tips Jitu Agar Tidak Ada lagi Tanggal Tua Dalam Kamus Anda

Ada 2 hal yang melatar belakangi timbulnya istilah "Tanggal Tua" pada sebagian karyawan, dan buruh di indonesia, yang pertama, karena memang gajinya yang kecil dan tidak mencukupi untuk memenuhi kehidupan selama 1 bulan penuh.

Atau karena gaya hidup yang boros dan tidak bisa memenage keuangan dengan baik. sehingga uang gaji yang seharsnya cukup untuk satu bulan, tapi dalam jangka satu minggu saja sudah habis tak tahu kemana.

Dan anehnya fenomena "Tanggal Tua" ini hampir terjadi di seluruh kalangan karyawan dan buruh di negeri ini, sehingga tanggal tua menjadi istilah yang baku dan lazim di kenal oleh masyarakat.

Tak terkecuali saya dan juga anda tentunya.

Namun pada kesempatan kali ini ada kabar gembira untuk sahabat Ruangkarywan semua, kalau kita mau,  sebenarnya tanggal tua itu bisa saja dengan mudah kita hapus dari kamus kita dengan beberapa cara berikut ini.


tanggal tua


1. Mencari Penghasilan Tambahan


Ini adalah cara yang paling ampuh untuk bisa menghapus tanggal tua dalam kamus kita. Karena tentu salah satu penyebab utama kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan adalah karena kurangnya pendapatan atau gaji kita yang kecil. 

Sehingga belum sampai waktu gajian uang kita sudah habis tak tau kemana, dan meranalah pada saa tanggal tua. 

Nah tentu itu semua takkan pernah terjadi kalau kita mempunyai penghasilan tambahan di luar penghasilan utama kita. 

Tapi mau kerja apa mas? Jadi karyawan kan waktunya terbatas dan banyak di habiskan di kantor?

Tenang aja banyak jalan menuju  Roma, saat inikan jamannya kerja online, maka kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu waktu pekerjaan utama kita. 

Contohnya seperti : menjadi Blogger, youtuber, content writer, bagi yang suka menulis atau bisa juga dengan cara jualan online dengan sistem dropship ataupun reseller .

Lebih jelas silahkan baca : macam macam bisnis sampingan karyawan dengan modal kecil

2. Bawa Bekal Makan Dari Rumah Pada Saat Bekerja


Makanan merupakan kebutuhan yang tak bisa kita elakkan tak terkecuali bagi kita para karyawan, apa jadinya kalau kita bekerja tanpa makan? tidak bisa konsentrasi bekerja tentunya !

Nah masalahnya banyak para karyawan yang males membawa bekal dari rumah untuk keperluan makan siang karena alasan ribet dll, sehingga memilih makan di kantin perusahaan ataupun makan di luar pada saat jam istirahat.

Nah coba sahabat fikir berapa pengeluaran kita untuk makan siang di luar tersebut? cukup besar kan? akan jauh lebih hemat jika kita membawa bekal sendiri di rumah.

Untuk itu jika sahabat tidak ingin ada tanggal tua di kamus sahabat, maka pastikan sahabat membawa bekal makan dari rumah, sehingga kita bisa mengontrol keuangan dengna baik.

3. Jangan Membeli Barang Yang Tidak Kita Butuhkan


Salah satu penyakit masyarakat yang kini banyak terjadi adalah banyaknya yang membeli barang hanya karena tren dan gaya hidup. bukan untuk kebutuhan yang memang benar benar mereka perlukan.

Akibatnya, banyak yang memaksakan membeli suatu barang bahkan dengan cara kredit dan berhutang, padahal barang tersebut bukan keperluan pokok mereka.

Sehingga uang gaji setiap bulan semakin kecil karena harus di potong dengan beraneka macam cicilan yang harus di bayar. jadi wajar saja kalau sebelum memasuki waktu gajian lagi, uang tersebut sudah habis dan timbullah istilah tanggal tua.

Untuk itu, bagi sahabat yang ingin selalu memiliki uang meski tanggal tua, maka pastikan sahabat jangan membeli barang yang tidak benar benar kita perlukan, kesampingkan dulu ego, gaya dan lainnya, karena nanti ada saatnya kita memiliki itu semua jika keungan kita sudah membaik.

4. Lakukan Perencanaan Keuangan Dengan Baik


Apapaun yang kita lakukan, tanpa perencanaan yang baik maka semua akan kacau dan berantakan, tak terkecuali dengan keuangan. untuk itu lakukanlah perencanaan keuangan dengan baik setiap kita menerima uang gaji dari perusahaan.

Perencanaan tersebut meliputi .

#  kebutuhan pokok yang tidak bisa kita tunda seperti : bayar tagihan listrik, padam, dan makanan pokok kita selama satu bulan. 

# Kebutahan dan perlengakapan kerja seperti : uang bensin, perawatan kendaran, serta uang antispasi.

# Menabung dan uang jajan.

Lebih detail sahabat melakukan perencanaan keuangan maka akan lebih baik, sehingga sahabat tidak seenak saja menggunakan uang gaji sahabat tersebut.

5. Komitmen Dengan Perencanaan Keuangan Yang Sudah Di Buat


Jika jatah uang jajan sahabat sudah habis, maka berkomitmenlah untuk tidak menggunakan uang jatah yang lainnya yang sudah di tentukan sesuai dengan keperluannya masing masing.

Hal ini sangat penting, sehingga nanti tidak ada ceritanya pada saat harus membyar listrik tapi uangnya sudah habis dan terpaksa harus behutan.

Berat memang untuk kita bisa konsisten ini, namun jika ingin menjadi orang yang berhasil dan tidak ingin ada tanggal tau selamanya, maka salah satu syatarnya adalah harus komitmen dengan perencanaan keuangan yang sudah di buat.

6. Jaga Kesehatan 


Semua yang kita rencakan dengan baik akan berantakan jika tiba tiba kita sakit, karena tentu akan banyak uang yang kita butuhkan untuk berobat ke dokter, untuk itu sangat penting buat kita menjaga kesehatan kita dengan baik dengan cara berolah raga yang teratur dan menjaga pola makan.

Artikel terkait : Tips menjaga kesehatan bagi pekerja shift

7. Jangan Lupa Sedekah Dan Bayar Zakat


Didalah harta kita ada hak mereka yang tidak mampu yang ALLAH titipkan. Jadi jangan sampai hak mereka tersebut tidak kita berikan kepada mereka sehingga menyebabkan ALLAH murka dan mempersempit rezeki terhadap kita.

Seperti yang tertera di dalam Al-qur'an. Barang siapa yang bersyukur maka akan allah tambah nikamatNya dan barang siapa yang kufur maka adzab ALLAh itu sangat pedih.

Jadi pastikan kita selalu bersedakah sesuai dengan ukuran dan kemampuan kita, walaupun sedikit itu tidak masalah. karena Allah akan mebalasnya berpuluh puluh kalilipat kebaikan terhadap kita semua.

Demikianlah 7 tips jita agar tidak ada lagi tanggal tua dalam kamus sahabat, semoga bisa bermanfaat dan bisa sahabat terapkan dalam kehidupan sehari hari.
Buka Komentar