Tips Menjaga Kesehatan Bagi Para Karyawan Yang Bekerja Shift

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Para Karyawan Yang Bekerja Shift

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Para Karyawan Yang Bekerja Shift

Perlu sobat Ruangkaryawan ketahui, pola kerja yang tidak terartur, terutama untuk kita yang kerja pada shift malam, bisa menimbulkan beberapa efek samping lho ! hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan dunia, salah satunya yang dilakukan oleh Mustar Cameron ( Presiden dari institute for work and health di toronto ).

Dia mengatakan bahwa kerja shift akan mengalami konflik dengan jam biologis dan akan mengalami beberapa resiko seperti .

1. Menambah Berat Badan

Karena pada saat kita kerja shift maka selera untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi cenderung meningkat yang itu artinya akan menimbulkan beberapa resiko lagi seperti penyakit jantung, dan diabetes .

2. Berisiko terkena kanker lebih tinggi

Hal ini sesuai dengan data yang di koumpulkan oleh US Nurs Health study, dimana mereka melibatkan 240.000 perawat yang diamati kurang lebih selama 30 tahun dan ternyata hasilnya menunjukan bekerja shift dan meningkatkan resiko terkena kanker payudara, usus besar dan endometrium.

3.Berisiko mengalami masalah kehamilan

Seperti sebuah studi dari denmark yang menemukan bahwa bekerja sift malam, memiliki resiko keguguran 85 persen dari pada pekerja normal.

Nah mengingat cukup berbahaya resiko bagi kita para pekerja malam tersebut, tentu sangat penting untuk kita tetap menjaga cara hidup sehat kita, agar kita semua bisa mengurangi resiko-resiko tersebut, karena walau bagaimanapun kita sebagai bekerja tetap membutuhkan pekerjaan tersebut bukan?

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini ruangkaryawan.com akan membagikan beberapa tips menjaga kesehatan bagai kita karyawan yang harus bekerja shift.

Hal apa saja yang harus kita lakukan tersebut? yuk kita simak ulasannya di bawah ini :
Tips Menjaga Kesehatan Bagi Para Karyawan Yang Bekerja Shift

Baca juga : Tips agar bisa menabung meski gaji pas pasan

1. Kurangi Asupan Caffeine

Sebagai pekerja shift tentu kita tak akan lepas dari asupan caffeine (terutama pada kopi ) untuk menjaga agar mata tidak ngantuk dan bisa bekerja dengan tenang.

Namun yang perlu sahabat ketahui menggabungkan antar cafeein dan karborhidrat bisa merangsang lonjakan insulin yang berakibat akan melonjaknya berat badan kita.

Untuk itu, usahakan kita harus tetap menjaga asupan cafeiin kita jangan sampai melebihi batas yang sudah di tentukan oleh dokter yakni 400 mg cafein, atau setara dengan 4 cangkir kopi biasa.

2. Makan Makanan Yang sehat Dan Bergizi

Ini juga sangat penting untuk kita jaga, karena makanan yang sehat merupakan salah satu cara ampuh untuk meminimaliser segala resiko dari kerja shift di atas, untuk itu pastikan sahabat makan yang cukup dan sehat pada saat bekerja shift malam dan kalau perlu bawa makanan sendiri dari rumah dan jangan membelinya di pinggir jalan ( jajan sembarangan ) agar bisa terjaga kualitas kebersihan dan kesehatannya.

Contoh makanan yang sehat untuk pekerja shift adalah : sayuran, tahu tempe, telur dan juga buah buahan.

3. Tidur Yang Cukup

Sangat penting untuk tetap tidur yang cukup untuk menggantikan waktu tidur malam kita yang terganggu akibat bekerja, lakukan minimal 30 menit sebelum bekerja shift dan dan istirahat 5 s/d 6 jam setelah sift malam, dan jika di perbolehkan tidur pada saat bekerja, maka tidurlah meski hanya 30 menit saja.

Ini sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit terutama untuk wanita dan ibu hamil.

4. Banyak Minum Air Putih

Air merupakan kebutuhan terpenting di dalam tubuh kita setelah oksigen, karena 70 % tubuh kita memerlukan air, untuk itu untuk menjaga kesehatan saat bekerja shift salah satunya adalah dengan banyak minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari.


5. Hindari Makan Berkalori Tinggi Pada Saat Hendak Tidur

Setelah kita selesi kerja shift malam, tentu tubuh kita akan sedikit letih dan matapun ngantuk, dan kebanyakan dari kita biasanya akan makan makanan berat kemudian istirahat dan tidur, tentu hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena akan terjadi penumpukan lemak di tubuh.

Untuk itu alangkah lebih baiknya kita menghindari makan berkalori tinggi dan menggantinya dengan makanan ringan yang sehat seperti buah buahan, dan susu.

6. Olahraga Yang Teratur

Oelah raga yang teratur adalah hal yang wajib jika kita ingin tetap sehat, karena dengan berolah raga maka akan menjaga tubuh kita tetap bugar dan dapat membakar lemak serta mengeluarkan racun racun dalam tubuh melalui keringat.

Untuk itu sebisa mungkin jangan sampai meninggalkan olah raga minimal 1 kali dalam satu minggu.

Sobat bisa melakukan olah raga yang ringan seperti jalan kaki. menggerakkan tubuh, ataupun lari di sekitar rumah dan lingkungan kerja.

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan bagi para karyawan yang bekerja shift, semoga bisa bermanfaat.
Buka Komentar