Tips Buat Kamu Yang Ingin Bekerja Ke Tanah Rantau

Tips Buat Kamu Yang Ingin Bekerja Ke Tanah Rantau

Tips Buat Kamu Yang Ingin Bekerja Ke Tanah Rantau

Merantau adalah salah satu solusi terbaik terutama bagai kaum lelaki, jika di kampung halaman mereka sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang cukup layak.Karena tentu kita semua butuh pekerjaan yang layak agar bisa mengumpulkan uang dan menata masa depan yang lebih baik kelak.

Apalagi buat para anak muda yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA dan tidak punya cukup biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, gak perlu bersedih karena sudah saatnya kalian untuk mencari pekerjaan, salah satu cara dengan menjadi perantau di daerah yang memiliki banyak sekali peluang kerja.

Akan tetapi, hidup di tanah rantu juga perlu persiapan yang matang. Karena disana kita akan berhadapan dengan lingkungan baru, gaya hidup yang berbeda, adat istiadat, serta kita akan bertemu dengan banyak orang baru yang belum pernah kita kenal sama sekali.

Hal tersebut, jika tidak kita siapkan secara matang, maka kita akan sangat sulit beradaptasi di lingkungan baru kita kelak. sehingga kita menjadi anak perantu yang "Gegana" gelisah galau merena. hehe.

Nah, agar tidak terjadi demikian, ruangkaryawan sudah menyediakan sedikit Tips dan informasi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi sahabat yang memutuskan untuk bekerja di tanah rantau:
merantau

1.  Wajib Memiliki Keterampilan


Ini adalah modal utama yang penting jika sahabat memutuskan untuk menjadi seorang perantau. Kenapa? karena kalau kita tidak memiliki keterampilan, lantas saat tiba di kota rantauan kelak apa yang akan kita kerjakan?

Ya walaupun mungkin nanti kita bisa bekerja serabutan seperti menjadi kuli bangunan atau buruh, namun menurut saya pribadi tentu itu bukanlan pilihan yang bijak, karena tentu kita memutuskan untuk bekerja di tanah rantau adalah agar bisa sukses dan memiliki penghidupan yang layak bukan?

Apalagi jika sahabat memutuskan untuk merantau ke jakarta dan kota besar lain seperti jogjakarta dan surabaya, maka memiliki ketarampilan adalah hal yang wajib untuk kita milki

Jika tidak punya keterampilan gimana donk?

Maka solusi terbaiknya adalah dengan mengasah keterampilan lebih dahulu baik dengan cara kursus, atau magang di beberapa tempat kerja teman atau saudara ( jangan pikirkan gaji ) yang penting sahabat mendapatkan keterampilan lebih dahulu, seandainya gak di bayarpun tidak masalah, yang penting intinya sahabat memiliki keterampilan yang bisa di gunakan pada saat merantau nantinya.


2. Memiliki Mental Yang Kuat Dan Bisa Beradaptasi Dengan Cepat


Seperti yang saya jelaskan sedikit di atas, di tanah rantau kita akan berhadapan dengan orang-orang baru yang belum kita kenal, lingkungan baru, serta gaya hidup yang baru yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya.

Nah dalam hal ini, sebaiknya kita harus mampun beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru kita tersebut, agar kita bisa cepat mendapatkan pekerjaan ataupun teman baru. Dan pastikan juga, agar kita tidak membawa ego dan kelakukan buruk kita di tempat baru, agar kita bisa cepat bergaul dengan masyarakat setempat.

Karena jika kita tidak mampu beradaptasi dengan cepat, bukan tidak mungkin kita tidak akan betah disana, dan akhirnya memutuskan untuk pulang kampung karena tidak mampu bertahan hidup di perantuan.

3. Pilih Tempat Merantau Yang Menjanjikan


Yang tak kalah penting juga sebelum kita memutuskan untuk merantau adalah, tempat yang kita tuju haruslah lebih menjanjikan dari pada kampung halaman kita sendiri, sehingga nanti kita bisa dengan cepat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha.

Jangan sampai justru kita memilih tempat yang justru lebih buruk dari pada kampung halaman kita sendiri.

Untuk itu, sebelum pergi merantu. lakukan dulu riset kecil kecilan tentang tempat merantu yang menjanjikan yang masih memberikan pelaung pekerjaan yang cukup banyak dan menjanjikan.

Semua itu bisa kita lakukan dengan cara menonton berita tentang kota kota yang sedang berkembang, atau mencari informasi di internet atau bisa juga bertanya kepada teman atau saudara kita yang sedang berada di perantauan, barang kali di tempat mereka masih banyak terdapat peluang pekerjaan.

4. Harus Bisa Hidup Hemat Dan Pintar Menyisihkan Uang


Seperti kata pepatah, seberapa besarpun pemasukan yang kita dapat maka semua akan habis jua, jika tidak bisa mengelolanya, sebaliknya biarpun pemasukan itu kecil, jika kita pintar mengelolanya maka lambat laun akan terkumpul jua.

Rumus ini haruslah menjadi pegangan para anak rantau jika mereka ingin sukses dan menjadi orang yang berhasil pada saatnya nanti pulang ke kampung halaman.

Apalagi jika sampai di tempat rantauan kita tidak langsung mendapatkan pekerjaan. tentu rumus hemat harus bisa kita jalankan dengan baik, agar kita bisa bertahan hidup selama masih belum ada pemasukan.


5. Wajib Bersikap Baik, Ramah Dan Sopan


Di perantauan kita adalah pendatang baru, jadi sudah sewajarnya kita bersikap baik ramah serta sopan kepada setiap orang yang kita temui dilingkungan kita, hal ini akan membantu adaptasi kita lebih mudah, dan kita bisa dengan mudah mendapatkan teman baru.

Karena sudah menjadi hukum alam, manusia menyukai orang yang rama tamah dan sopan, dan jika kita baik maka orang lain akan membalasnya jauh lebih baik.

Untuk itu bertegus sapalah dan murah senyum kepada semua orang di lingkungna baru kita, agar kita bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan sikuai oleh banyak orang.

6. Alangkah Lebih Baiknya Merantu Ke Daerah Yang Disana Ada Keluarga Atau Teman Kita


Sebenarnya juga tidak masalah sih jika kita ingin merantu ke tempat yang tidak ada satu orangpun yang mengenal kita, hanya saja kita tentu harus sudah siap dengan segala resiko yang ada.

Karena disana tidak akan ada yang memperhatikan kita, apakah kita belum makan, sedang tidak enak badan ataupun sakit. Disaat saat darurat seperti inilah yang terkadang amat berbahaya jika kita pergi merantu ketempat yang tidak ada satupun mengenal kita.

So !! selagi ada tempat merantau yang di sana ada keluarga dan teman, maka kenapa kita harus memilih tempat yang tidak ada satupun orang mengenal kita?

Namun jika terpaksa kita harus merantau seorang diri, pastikan kita tetap menjalin komunikasi dengan keluarga kita dan memiliki kontak, sehingga di saat saat daurat kita masih bisa meminta perolotangan mereka.

7. Jangan Memilih Milih Pekerjaan


Ditanah rantau, sangat penting untuk kita mendapatkan pekerjaan agar bisa bertahan hidup. Untuk itu jangan pernah memilih milih pekerjaan, ambilah sekecil apapun peluang pekerjaan yang kita dapatkan.

Karena bisa jadi dari pekerjaan kecil itulah merupakan batu loncatan kita untuk mendapatkan pekerjaan besar yang kita inginkan kelak.

Jika kita terlalu banyak memilih, justru kedapannya kita akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan, karena bisa jadi itu adalah ujian dari Tuhan, jika kita tidak sanggap menjalankan pekerjaan yang kita anggap kecil, lantas bagaimana kita bisa mendapatkan pekerjaan yang besar?


8. Berserah Diri Kepada Tuhan Yang Maha Esa


Dan yang terakhir, jadilah orang yang selalu berserah diri kepada Tuhan yang maha Esa, karena semua ketentuan didunia ini adalah kehendakNya, sekeras apapun kita berusaha jika Tuhan belum mengizinkan maka kita tidak akan pernah berhasil, begitu juga sebaliknya.

Untuk itu jangan lupa selalu berserah diri pada ALLAh swt, dan selalu memohon pertolanganNya dalam setiap langkah apapun yang hendak kita kerjaan tak terkecuali dalam berusaha dan bekerja.

Demikianlah sedikit tips buat kalian yang ingin bekerja di tanah rantau, semoga bisa bermanfaat. dan jangan lupa bagikan artikel ini di akun social media kalian, agar teman teman kalian juga bisa memperoleh manfaatnya.
Buka Komentar