Ini Dia Saat Yang Tepat Resign Kerja Agar Tidak Menyesal Nantinya

Ini Dia Saat Yang Tepat Resign Kerja Agar Tidak Menyesal Nantinya

Ini Dia Saat Yang Tepat Resign Kerja Agar Tidak Menyesal Nantinya

Resign kerja atau yang sering orang indonesia sebut dengan risen kerja, merupakan sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari di kemudian hari, jika kita sudah merasa tidak ada kecocokan bekerja di perusahaan saat ini, ataupun karena alasan alasan resign lainnya seperti karena gaji kecil, pindah kerja, ataupun sudah bosan jadi pegawai dan ingin usaha sendiri.

Namun yang perlu jadi catatan disini, jangan sampai kita mengambil keputusan untuk resign kerja secara terburu buru dan atas dasar emosi, sedangkan kita tidak ada persiapan sama sekali.

Hal ini banyak terjadi di kehidupan para karyawan, dimana setelah dia risen kerja, akhirnya dia menyesal karena memang tidak ada persiapan sebelumnya dan sulitnya mendapatkan pekerjaan baru.

Jadi Kapan saat yang tepat untuk resign kerja agar kita tidak menyesal nantinya? ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yang semoga bisa membantu sahabat karyawan semua agar tidak mengambil keputusan secara gegabah.

Berikut Saat yang tepat resign kerja menurut kami :
Resign Kerja

1.  Saat Sudah Memiliki Usaha Sendiri

Ini adalah saat yang paling tepat menurut saya pribadi. Kenapa? karena saat kita sudah memiliki usaha sendiri, itu artinya kita sudah benar benar siap untuk memulai kehidupan kita yang baru dan siap untuk mengembangkan usaha kita tersebut.

Seperti kata Bob Sadino, Sebesar apapun jabatan anda di perusahaan orang lain maka anda tetaplah seorang "buruh ", sebaliknya sekecil apapun usaha anda, anda adalah bosnya.

Jadi, kalau kita sudah memiliki usaha sendiri, ataupun bisnis sampingan tersebut sudah berjalan dan bisa menopang kehidupan kita, maka tidak perlu ragu lagi untuk resign kerja dan fokus untuk menjadi seorang pengusaha.

Karena walau bagaimanapun, kisah sukses di dunia ini hanyalah milik para pengusaha, belum adanya sejarah seorang karyawan ataupun pegawai bisa sukses dan kaya raya jika mereka tidak memiliki bisnis lainnya.


2. Saat Sudah Mendapatkan Pekerjaan Yang baru

Nah jika sahabat belum siap jadi pengusaha dan belum memiliki usaha sendiri, maka boleh saja sahabat resign kerja. dengan catatan sahabat sudah memiliki pekerjaan yang baru.

Karena jika sahabat buru buru resign dan belum ada pekerjaan penggantinya, ditakutkan nantinya sahabat sulit mendapatkan pekerjaan yang baru, yang nantinya berujung pada penyeselan.

Apalagi di zaman sekarang ini mencari pekerjaan bisa dibilang tidaklah mudah.

Untuk itu sebelum sahabat benar benar risen kerja, pastikan sahabat sudah mencari pekerjaan penggantinya. sahabat bisa mencari pekerjaan baru dengan cara mencari informasi dengan rekan rekan kerja yang mungkin lebih dulu resign dan mendapatkan pekerjaan baru, ataupun bisa menyebarkan lamaran ke perusahaan perusahaan yang lebih baik dari perusahaan tempat sahabat bekerja saat ini.

3. Saat Sudah Memiliki Mental Yang Kuat

Sebagai manusia biasa, terkadang apa yang kita rencanakan, tidaklah semua terwujud karena bertentangan dengan kehendak ALLAH swt. Untuk itu sebelum sahabat memutuskan untuk resign kerja, pastikan sahabat sudah memiliki mental yang kuat untuk menghadapi sega hal yang tidak kita duga duga nantinya.

Dengan memiliki mental yang kuat, maka suatu saat jika kita mengalami kesulitan setelah keluar dari tempat kerja kita sekarang, maka kita bisa menjalaninya dan melewatinya dengan baik, dan tau apa yang harus kita lakukan.

Mental yang kuat juga, akan membantu kita untuk fokus pada tujuan yang sudah kita rencanakan sebelum kita memutuskan untuk resign dari kantor.

4. Setelah Mendiskusikan Dengan Keluarga Terdekat

Walau bagaimanapun, keputusan yang anda ambil tidak hanya berdampak pada anda sendiri, melainkan juga terhadap keluarga terdekat kalian seperti anak dan istri.

Untuk itulah sebelum bertekad untuk resign kerja, sebaiknya diskusikanlah lebih dahulu dengan orang orang terdekat anda, agar tidak terjadi salah paham yang bisa menyebabkan pertengkaran dalam keluarga.

Jelaskanlah secara gamblang, alasan sahabat untuk keluar dari perusahaan yang sekarang, dan jelaskan juga rencana sahabat kedepannya, sehingga keluarga sahabat bisa memahami keputusan yang sahabat ambil.


5. Saat Sudah Memiliki Tabungan Yang Cukup

Berbeda dengan PHK, saat resign kerja kita tidak akan mendapatkan pesangon, karena kita sendiri yang mengingkan keluar dari perusahaan, walaupun anda, paling hanya uang jasa sebesar 1 bulan atau 1, bulan gajih, jika kita resign sesuai prosedur dari perusahaan.

Untuk itu memeiliki tabungan yang cukup merupakan syarat yang mutlak untuk kita miliki sebelum kita risen kerja, untuk mengantisapasi hal hal yang mungkin tidak sesuai dengan yang kita rencanakan.

Apalagi jika sahabat resign kerja sebelum mendapatkan pekerjaan baru, maka selama masa mencari kerja yang baru tentu di perlukan tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sahabat sebelum akhirnya mendapatkan pekejaan yang baru.

Seandainya sahabat memutuskan untuk usaha sendiripun memiliki tabungan sangatlah penting, karena di awal awal kita membangun suatu usaha tentulah banyak rintangan dan terkdang tidak bisa langsung berhasil.

Demikianlah sedikit ulasan tentang saat yang tepat untuk resign kerja , semoga bisa memberikan sedikit gambaran agar sahabat tidak mengambil keputusan dengan tergesa gesa yang bisa berakibat fatal nantinya.
Buka Komentar