Usia Pensiun Karyawan Swasta Menurut Peraturan Undang Undang

Usia Pensiun Karyawan Swasta Menurut Peraturan Undang Undang

Usia Pensiun Karyawan Swasta Menurut Peraturan Undang Undang

Usia Pensiun Karyawan Swasta

Meskipun kebanyakan karyawan tidak menginginkannya, Pensiun merupakan suatu hal yang pasti bagi setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan ataupun di pemrintahaan.

Hanya saja bagi mereka yang bekerja di suatu pemerintahan ( pegawai negeri ) mereka tidak perlu bingung dan gundah karena umumnya peraturan pemerintah tentang penisun pegawai negeri ini sudah jelas dan sudah terjamin akan mendapatkan tunjuangan pensiun yang biasanya di bayarkan tiap bulan.

Lain halnya dengan karyawan swasta, tidak semua perusahaan memberlakukan tunjangan pensiuan bagi karyawannya, sehingga setelah para karyawan memasuki usia pensiun, kebanyakan dari mereka merasa sedikit khawatir akan masa depan mereka.

Artikel lainnya : Saat yang tepat buat resign kerja

Nah, berapakah usia pensiun bagi karyawan swasta tersebut agar kita bisa menyiapkan segala sesuatunya lebih baik?

Dalam hal ini sayangnya di undang undang tenaga kerja NO 13. Tahun 2003 tidak disebutkan secara gambalang tentang batasan usia pensiun bagi karyawan swasta, karena disana hanya di sebutkan pada pasal 167 ayat 1 " bahwa salah satu alasan pemutusan hubunggan kerja ( PHK) adalah karena pekerja telah memasukkan pensiun ". tetapi tidak di jelaskan secara gamblang berapa usia pensiun tersebut.

Lebih lanjut di jelaskan pada pasal 151 ayat 3 " bahwa jika terjadi phk, perusahaan hanya dapat memutuskan hubungan kerja setelah mendapatkan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial, Akan tetapi penetapan itu tidak di perlukan apabila pekerja sudah mencapai usian pensiun, yang di atur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama atau peraturan undang undang.

Jadi berpatokan pada peraturan undang undang tersebut, maka sangat jelaslah bahwa usian pensiaun karyawan swasta itu tergantung dari perjanjian kerja ataupun aturan perusahaan sahabat serta kebiasaan- kebiasaan yang berlaku di perusahaan sahabat.

Usia Pensiun Karyawan Swasta Berdasarkan Keperserta Program Jaminan Pensiuan Dari BPJS Ketenaga Kerjaan

Nah, kabar baiknya, meskipun usian pensiun karyawan swasta tidak di tetapkan dalam undang undang ketenagakerjaana.

Namun bagi perusahaan yang mendaftarkan karyawannya ke program jaminan pensiun dari BPJS TK maka pemerintah menetap umur pensiun karyawan swasta melalu PP  Nomor 45 Tahun 2015 "Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun"

Artikel lainnya : Bisnis sampingan karyawan yang potensial

Tepatnya pada pasal 15 dimana usaia pensiuan karyawan adalah :

  1. Untuk pertama kali Usia Pensiun ditetapkan 56 (lima puluh enam) tahun. 
  2. Mulai 1 Januari 2019, Usia Pensiun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi 57 (lima puluh tujuh) tahun.
  3. Usia Pensiun sebagaimana dimaksud pada ayat (2) selanjutnya bertambah 1 (satu) tahun untuk setiap 3 (tiga) tahun berikutnya sampai mencapai Usia Pensiun 65 (enam puluh lima) tahun.
  4. Dalam hal Peserta telah memasuki Usia Pensiun tetapi yang bersangkutan tetap dipekerjakan, Peserta dapat memilih untuk menerima Manfaat Pensiun pada saat mencapai Usia Pensiun atau pada saat berhenti bekerja dengan ketentuan paling lama 3 (tiga) tahun setelah Usia Pensiun.
Dari pertauran undang undang tersebut maka sudah sangat jelaslah tentang batasan usia pensiun bagi karyawan swasta menurut peraturan yang berlaku.

Untuk peraturan lengkap PP nomor 45 tahun 2015 bisa sahabat download disini http://www.hukumonline.com.
Buka Komentar