Apa Itu Loyalitas Bagi Seorang Karyawan Dan Juga Perusahaan

Apa Itu Loyalitas Bagi Seorang Karyawan Dan Juga Perusahaan

Apa Itu Loyalitas Bagi Seorang Karyawan Dan Juga Perusahaan


Sebenarnya jika dilihat dari segi bahasa Arti dari loyalitas ini sangatlah mudah di pahami, yakni berasal dari kata "loyal" yang berarti sikap setia.

Hanya saja jika loyalitas di kaitkan dengan seorang karyawan, maka saat ini arti dari kata " Loyal" itu sendiri sepertinya sudah kurang tepat, karena pada kenyataannya kini loyalitas cenderung menjadi " Kepatuhan bawahan terhadap apapun yang di perintahkan pimpinan"

Karena jika karyawan tersebut tidak patuh terhadap semua perintah pimpinan, maka perusahaan akan dengan mudah memberikan cap " tidak loyal' terhadap karyawan tersebut, meskipun sebenarnya karyawan tersebut tiak salah dan berhak terhadap penolakan tersebut.

Baca juga : Jenis jenis pekerjaan di hotel dan tugasnya

Contohnya dalam hal lebur diluar jam kerja misalnya, sebenarnya meskipun seorang karyawan tersebut menolak untuk lembur di luar jam kerja, bukanlah berarti karyawan tersebut tidaklah loyal terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Karena mengenai lembur itu sendiri sudah di atur dengan jelas di atur di dalam undang undang ketenagakerjaan dan merupakan hak seorang karyawan apakah mau lembur atau tidak.

Tapi masalahnya kini sekan semua berbeda, jika seseoang tidak mau lembur di luar jam kerja. tidak mau memberikan waktu kerja lebih  untuk perusahaan, tidak bisa menyenangkan pimpinan, maka dengan sendirnya perusahaan akan mengatakan karyawan tersebut tidak loyal terhadap perusahaan.

Sehingga yang terjadi saat ini banyak karyawan yang mengutamakan ABS ( asal bos senang ) yess boss. tanpa memperdulikan benar atau salah apa yang di perintahkan oleh atasan tersebut.

Dengan kata lain, situasi semacam ini menyebabkan munculnya para penjilat penjilat yang dengan segala macam cara mereka lakukan agar image mereka di depan bos terlihat baik, sehingga menimbulkan susana kerja yang kurang harmonis.

Seperti yang terjadi di perusahaan tempat saya bekerja saat ini, prestasi bisa kita dapatkan bukan berasal semata mata dari kinerja dan sikap kita dalam melaksanakan pekerjaan. melainkan prestasi di tentukan dari seberapa dekat kita dengan pimpinan perusahaan dan jajaranya.

Bagi mereka yang dekat, maka dengan mudah untuk bisa promosi ataupun naek jabatan, sebaliknya bagi mereka yang tidak pandai untuk mencari muka maka akan sangat sulit untuk berkembang.

Padahal sebenarnya loyalitas bagi seorang  karyawan itu adalah sikap setia terhadap pekerjaanya bukan terhadap perusahaannya apalagi pimpinan, karena dalam hal ini perusahaan hanyalah sebuah tempat untuk bekerja, dan kewajiban karyawan hanyalah bekerja dan mengikuti peraturan yang berlaku di perusahaan tersebut yang sudah tercantum sesuai dengan kesepakatan dan undang undang yang berlaku tentunya

Baca juga : Kisah karyawan jadi pengusaha
Buka Komentar