Benarkah Gaji Pilot Di Indonesia Hanya 3,7 Juta?

Benarkah Gaji Pilot Di Indonesia Hanya 3,7 Juta?

Benarkah Gaji Pilot Di Indonesia Hanya 3,7 Juta?


Di tengah kabar duka yang melanda dunia penerbangan indonesia, yakni jatuhnya pesawat lion air pada hari senin 29 oktober yang meangkibatkan tewasnya semua penumpang beserta semua kru termasuk pilot dari lion air tersebut.

Ada satu masalah yang sangat menarik yang diungkapkan oleh dirut Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) ketenagakerjaan, yang menyatakan bahwa gaji pilot lion Air yang jatuh kemaren yang dilaporkan kepihak BPJS hanya sebesar 3,7 juta.

Serontak pernyataan Bpk. Agus susanto ini membuat masyarakat bertanya tanya, apa ia gaji seorang pilot cuma 3,7 juta aja? masa ia sih? wong UMP dki tahun 2019 ini aja sudah 3,9 juta, tentu tidak sebanding dengan resiko keselamatan kerja dan tanggung jawab yang di emban oleh seorang pilot.

Belum lagi untuk menjadi seorang pilot tentu tidaklah mudah, di perlukan pendidikan serta keterampilan yang tentunya butuh biaaya yang tidak murah, yang menurut di langsir oleh grid.id di perlukan biaya hingga Rp 1 miliar untuk menyelesaikan pendidikan pilot selama 2 tahun.

Yang mana tidak semua lulusan sekolah pilot bisa di terima jadi pilot, karena berdasrkan data yang ada, dari 26 sekolah pilot yang ada di indonesia masih ada sekita 500 lebih yang masih belum bekerja.

Melihat kenyataan ini, tentu sangat miris jika memang gaji pilot hanya di bandrol sebesar 3.7 juta saja.

Baca juga : Jenis pekerjaan di hotel dan tugasnya

Gaji Pilot Menurut Presiden Direktur Lion

Pernyataa tentang gaji pilot lion air yang harnya 3.7 juta itu langsung di bantah oleh presiden direktur lion air Bp. Edward Sirait.

Menurutnya perusahaan tidak mungkin memberikan gaji kepada seorang pilot hanya sebesar 3.7 juta saja, karena standar untuk seorang pilot asing itu minimal adalah  US.9000 atau setara Rp.135 juta. jadi tidak mungkin kami memberikan gaji pilot sebesar 3.7 juta ungkapnya kepada detik finance.

Mengenai adanya perbedaan laporan kepada pihak BPJS dia menjelaskan tidak terlalu gambalng " itu mungkin dulu waktu kita melaporkan ikut bpjs ketenagakerjaan sebagai tenaga kerja asing. jadi kita ambil itu, bukan penghasilan mereka. tegasnya kembali kepada detikfinance.

Dari kedua pernyataan di atas tentunya membuat masyarakat bingung, sebenarnya yang mana sih yang benar, dan berapa sih sebenarnya gaji pilot di indonesia. biar gak penasaran, mari kita simak besara gaji pilot menurut asosiasi pilot garuda.

Gaji Pilot Menurut Asosiasi Pilot Garuda

Ternyata menurut asosiasi pilot garuda gaji pilot indonesia itu berkisar dari Rp.30 juta hingga Rp.50 juta tergantung dari posisi dan juga jam terbang dari pilot tersebut serta di maskapai mana sang pilot tersebut bekerja.

Baca juga : Bosan jadi karyawan? pensiun yuk

Berikut rincian gaji seorang pilot :

1. Second Officer ( SO ) merupakan seorang pilot yang baru mendapatkan izin untuk menerbangkan pesawat berukuran kecil dan masih harus di dampingi oleh kapten, kisaran gajinya adalah Rp. 15 s/d 20 juta.

2. First Officer ( FO ) atau yang lebih familiar dengan sebutan Co Pilot yaitu pilot yang bertugas untuk menerbangkan pesawat dengan supervisi dari seorang captain, kisaran gajinya adalah Rp.30 s/d 40 juta.

3. Captain atau komandan penerbangan, merupakan pilot yang bertanggung jawab terhadap keseluruhan penerbangan dan juga mengawasi Co pilot, kisaran penghasilannya adalah Rp.45 s/d 60 juta.

Nah, sekarang terjawab sudah berapa besaran gaji pilot di indonesia , ternyata memang cukup menjanjikan? pantas saja kalau pilot masih menjai salah satu profesi favorit di indonesia, namun tentunay sebanding dengan biaya serta resiko yang harus kita hadapi.

Demikianlah informasi tentang besaran gaji pilot di indonesia, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
This Is The Newest Post
Buka Komentar